VIEW SNIPPET

Memperbaiki Resolusi Monitor Yang Terlalu Besar

Temen-temen Coretan Tangan, kali ini saya sedikit berbagi bagi temen-temen yang mengalami masalah monitor tiba-tiba mati tidak menampilkan gambar setelah mengganti resolusi monitor menjadi lebih besar dari yang biasa temen-temen gunakan. Pada umumnya resolusi standart yang digunakan 1024 x 768 tetapi untuk kekuatan resolusi tergantung VGA dan monitor.



Simak Yuk...
  • Restart komputer.
  • Sebelum masuk ke jendela loading windows cepat-cepat menekan tombol F5 atau F8 untuk memunculkan menu pilihan type booting windows.
  • Jika sudah muncul menu type booting, maka pilih booting “Enable VGA Mode” dan tekan enter.
  • Biarkan windows loading seperti biasa, setelah masuk windows nanti tampilan layar dan gambar icon desktop akan menjadi besar-besar. Jika sudah seperti ini maka settingan resolusi desktop sudah menjadi normal kembali dengan resolusi terkecil (biasanya 800 x 600).
  • Setting ulang dan kembalikan resolusi monitor seperti sediakala (misalnya setting resolusinya menjadi 1024 x 768). Settingnya yaitu klik kanan Desktop pilih Properties. Setelah jendela properties muncul pilih tab settings kemudan atur resolusinya menjadi 1024 x 768, kemudian tekan tombol Ok.
  • Restart komputer

Semoga bermanfaat...

13 Responses so far.

  1. dava says:

    Kalo masih ga work bisa di restart driver monitornya kan ? . nah pc saya di mainin anak kecil udah di driver roolback tetep ga bisa pake vga mode tetep ga bisa solusinya gimana bang ?

  2. Unknown says:

    Thank you mas broo, membantu

  3. Unknown says:

    Thank you mas broo, membantu

  4. ASMAWI says:

    ni untuk ke F5 atau F8 nya g bisa keyboad tidak nyala, sy mau ganti resolusi monitor hitam sama sekali

  5. Unknown says:

    tetep gak bisa gan . Udah di f2 .. Tekan f8 gak ada tulisan vga

  6. KOk gak bisa sih mas, bga mode ya gk kluar udah tekan f8/f5

  7. ASDAR says:

    Mksh, sangat bermanfaat

  8. Unknown says:

    Mas ,saya mau nanya saya ada masalah dgn tampilan desktop yg selalu berubah saat pc di restart..punya saya 1 pc 2 monitor buat karaoke.. Masalahnya yg timbul seharus nya kan di monitor kecil buat pemilihan lagu ini malah lari ke yg monitor besar, jadi kebalik gitu mas.. Uda saya otak atik di screen resolusi dan vga card tetep aja balik ke semula setelh pc di restart ,kayak gak kesimpen gitu ..mhon bantuannya mas

  9. Unknown says:

    Kalo resolusi laptop ke monitor external terlalu besar gimana kak?

  10. Unknown says:

    Tolong gimana caranya agar resolusi layar monitor kembali seperti semula gara gara update driver nvidia jadi membesar layar nya screen resolution nya klo di set malah out of range

  11. Unknown says:

    Kalo gada bacaan Enable Vga Mode gimana ? Ini saya gada