VIEW SNIPPET

Apa sih Manfaat Ngeblog???

Ngeblog akhir-akhir ini lagi ngetrend, bahkan perhitungan terakhir, Blogger Indonesia mencapai 4,1 juta blogger. Tentu bukan angka yang kecil. Kemudahan ngeblog yang diberikan blogger (blogspot.com) membuat siapa saja bisa memiliki blog. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, dan dari berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, maupun profesi - profesi yang lain.

Beberapa orang berpandangan bahwa orang yang mempunyai blog adalah orang yang mempunyai karya, dapat diartikan ngeblog merupakan kegiatan positif. Namun, tidak sedikit yang beranggapan orang yang ngeblog adalah orang yang kurang kerjaan, berjam-jam melototin layar komputer, dapat diartikan ngeblog adalah hal yang negatif.

Lalu, seberapa besar sih manfaat ngeblog? Apakah jangan-jangan ngeblog tidak ada manfaatnya???
Kalau menurut saya :

Ngeblog itu sebagai alternatif "Curahan Hati"

Yang saya maksud disini, bukan berarti ngeblog menjadi pengganti "Diary". Ini hanya alternatif, toh karena blog sifatnya umum yang bisa dibaca siapa saja, kita tidak bisa seenaknya mengumbar privasi kita. Selain itu, tidak hanya isi hati yang bisa dicurahkan, pemikiran, pandangan, gagasan, dan ide bisa juga diungkapkan melalui blog.

Ngeblog itu Sebagai Sarana Belajar

Belajar apa? Belajar apa saja... Banyak sekali yang bisa diambil ilmunya. Salah satu contohnya, jika seseorang mempunyai blog, paling tidak mempunyai keinginan untuk mendesain blognya agar "gue banget", berarti mau tidak mau seorang blogger harus berurusan dengan tag HTML, CSS, dan Javascript. Dan dari situ secara tidak langsung seorang blogger mempunyai "sedikit" ilmu baru.

Ngeblog itu Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Kog bisa? Misalnya saja untuk mencari "referensi" maupun "inspirasi" untuk postingan blognya, seorang blogger bisa saja Blogwalking ke blog-blog lainnya, dan bisa saja seorang blogger menemukan hal-hal baru yang tidak pernah diketahui sebelumnya. Contoh lainnya, karena setiap blog mempunyai tema yang berbeda-beda maka setiap blogger akan mempunyai ilmu-ilmu baru dari blog-blog lain tersebut.

Ngeblog itu Untuk Belajar Bersosialisasi

Apa hubungannya? Karena blogger Indonesia sangat banyak, secara "otomatis" pasti banyak bermunculan komunitas-komunitas untuk menunjang aktivitas para blogger sendiri, misalnya saja Blogwalking /20'. Dengan ikut serta aktif dalam forum-forum komunitas, mau tidak mau blogger harus belajar bagaimana cara "bergaul" di dunia maya. Bagaimana cara mengungkapkan ide atau inspirasi pribadi dengan bahasa yang pantas yang membuat setiap orang yang membaca ide atau inspirasi tersebut merasa nyaman. Misalnya, tidak mengandung unsur diskriminasi, tidak mengandung SARA, dan tidak menggunakan bahasa yang "rusuh".

Ngeblog itu Bisa Untuk Tambahan Uang Saku

Wah, ini nih yang biasa dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Sambil berkarya dengan ide-idenya, juga memiliki tambahan uang saku. Namun, bagi para profesional, ngeblog bisa dijadikan alternatif mendapatkan rupiah maupun dollar. Bahkan bisa jadi menjadi sarana utama penghasilan melalui bisnis onlinenya.

TAPI.....

Bagi pelajar (karena saya juga pelajar), jangan jadikan kegiatan ngeblog sebagai kegiatan utama. Jadikanlah ngeblog sebagai sarana refreshing maupun sebagai sarana pengisi waktu luang. Karena pelajar, maka kegiatan utama adalah belajar. Jangan sampai sekolah terbengkalai, pelajaran ketinggalan, tugas terabaikan, nilai-nilai menurun gara-gara terlalu asik lama-lama ngeblog.
Semua ada waktunya, ada saat dimana pelajar sebagai seorang pelajar dan sebagai seorang blogger.

Begitulah menfaat ngeblog menurut saya, jika temen-temen punya pendapat lain, silahkan komen...:)
Maaf ya, kalau ada salah-salah kata...^^

Salam....

12 Responses so far.

  1. AcerNoval says:

    iya sob.. kadang pas hri minggu sya sbg pelajar terbengkalai oleh nge blog.. kadang 24 jam non stop ! makasih sarannya sob...

  2. masama Sob....
    ini juga dari pengalaman pribadi saya.... hehehe:)

  3. bENER soB, Tulisan ini telah menambah keyakinan saya, Bahwa Blog memang membawa dampak yang positif dalam Menambh ilmu.
    Nice Post...

  4. makasih Sob...
    tinggal diri sendiri aja yang pinter-pinetr bagi waktu...:)

  5. makasih Bintang.... :)

  6. sichandra says:

    waah saya baru tahu kalau pengguna blog di Indonesia hampir 4,1 jutaan . makasih info bermanfaatnya ini bro ;)

  7. sama - sama bro... :)

  8. Imtikhan says:

    salam persahabatan
    berkunjung salam kenal n sekalian izin follow ya

  9. yup... sama-sama....
    lham knal sob... :)
    oya udah saya follow balik...:)

  10. ngeblog itu... apa ya? =..=a