VIEW SNIPPET

Oracle Menggugat Google

Baru-baru ini, Oracle pemilik hak cipta baru atas Java™, yang sebelumnya dimiliki oleh Sun Microsystems. Menggugat Google karena beberapa baris kode sumber Android memiliki kesamaan dengan kode sumber Java, apakah ini sebuah kesengajaan atau memang kesalahan dalam penulisan kode sumber Android?

Jika anda decompile Android Froyo dan Gingerbread, anda akan menemukan 37 kode sumber android yang bertuliskan kode sumber "PROPRIETARY / CONFIDENTIAL" dan "DO NOT DISTRIBUTE" by Oracle / Sun yang sekurangnya terdapat pada 6 file Android Froyo dan Gingerbread, dengan menggunakan Apache open source license tanpa ijin. Dalam hal ini Android menjiplak source code Java.

Inilah salah satu bukti mengapa Oracle yang terkenal sangat ketat terhadap hak cipta dan lisensi mempermasalahkan kode sumber Android yang menjiplak kode sumber Java. Lalu apakah Google menyalin kode sumber Java, membuat lisensi baru, lalu mendistribusikannya?
Tak ada yang tahu, apakah benar Google melalukan hal itu? Apakah kasus ini akan berakhir di pengadilan seperti kasus Motorola vs Microsoft yang sampai saat ini masih menjadi kasus pengadilan tinggi Amerika Serikat? Atau mungkin akan lenyap begitu saja seperti kasus Apple vs Google? Kita tunggu saja kelanjutannya.