VIEW SNIPPET

Keunggulan Google Chrome Dibanding Browser Lain

Inilah keunggulan Google Chrome yang membuat para pesaingnya kalang kabut

Manajemen Memory

Chrome memiliki manajemen memory yang jauh lebih baik daripada browser-browser lain. Setiap satu tab yang dibuka pada chrome sebenarnya adalah satu aplikasi chrome itu sendiri tidak seperti browser lain yang menganggap bahwa semua tab yang dibuka pada satu aplikasi browser adalah satu aplikasi.

Lalu manfaat dari manajemen memory itu sendiri apa?. Bagi yang rutin browsingmenggunakan browser lain, mungkin anda sudah pernah mengalami Crashed, ketika membuka banyak tab pada browser tersebut. Karena disebabkan, semua tab berbagi alokasi memory yang sama, sehingga apabila ada salah satu tab yang crash, maka semua tab juga akan ikut dapat imbasnya pula. Hal seperti itu tidak akan terjadi pada Chrome.

Karena setiap satu tab adalah sama dengan satu aplikasi chrome, maka anda dapat dengan mudah men-drag tab keluar dari Chrome untuk membuat jendela Chrome yang baru.
Chrome juga memiliki Task Manager-nya sendiri. Jadi anda dapat melihat tab mana saja yang memakan banyak memory, dan bahkan anda juga dapat melihat penggunaan memory oleh suatu plugin yang sedang bekerja pada tab-tab tertentu. Sehingga apabila anda melihat suatu tab terlalu banyak memakan memory, dan menurut anda itu bisa memperlambat kinerj.

Chrome memiliki Javascript Virtual Machinenya sendiri

Javascript Virtual Machine pada Chrome benar-benar baru yang dibuat ulang dari 0 (nol) lagi, dengan tetap memperhatikan kepada kebutuhan user saat ini.
Dahulu, penggunaan Javascript belum sepenting saat ini, bahkan banyak web yang sama sekali tidak menggunakan Javascript pada waktu itu, namun sekarang Javascript telah menjadi bagian yang sangat-sangat vital di dunia maya. Oleh karena itu, penanganan javascript yang baik benar-benar mendapat perhatian yang sangat besar dari Google.

Javascript Virtual Machine pada Chrome dibuat oleh V8 Team yang ada di Denmark. V8 Team ini sudah sangat terkenal akan kemampuannya dalam membuat berbagai Virtual Machine, sehingga virtual machine yang diterapkan di Chrome ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dan untuk selanjutnya, Javascript Virtual Machine yang ada pada Chrome ini akan disebut dengan nama V8.
V8 dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding virtual machine lain, sebab V8 dapat secara dinamis mengoptimalkan penggunaan Javascript dengan cara membuat Javascript yang tadinya bersifat Classless menjadi lebih berkelas…hehe..maksudnya menjadi seolah ber- Class (masih ngebingungin juga ya ?).Setiap object yang memiliki properti yang sama pada V8 akan berbagi Hidden Class yang sama pula.

Faktor lain yang menyebabkan V8 dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding Virtual Machine atau Javascript Engine lain adalah karena V8 langsung mengcomplie javascript yang mereka temukan, dan bukan meng-interpret-nya seperti yang dilakukan oleh engine lain. Program yang dicompile akan berjalan jauh lebih cepat dibanding program yang di- interpret, sebab begitu suatu source code dicompile, maka source code itu akan langsung menjadi bahasa mesin. Mesin (CPU) akan lebih cepat menjalankan program dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Bila ingin download bisa kunjungi alamat ini : http://www.google.com/chrome/

Kelebihan Lain:

  • TAMPILAN :
    Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.

  • MODUS PENYAMARAN :
    Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.

  • APLIKASI WEB :
    Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.

  • PENGELOLAAN MEMORY :
    Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya).

  • PENCARIAN :
    Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.

  • ANTI PENIPUAN :
    Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA.

4 Responses so far.

  1. wah, makasii infonya.

    jarang saya pake google chrome, saya pngguna setia firefox, heheee

  2. tapi memang ga bisa dipungkiri,
    add on untuk mozilla memang banyak bgt. Jd mempermudah kegiatan blogging... hehehe:)

  3. Bisa berpindah ke Google Chrome ne

  4. pindah aja bro.... (jadi kayak salesnya google) hahaha
    masih setia sama Mozilla bro?