VIEW SNIPPET

Multi Core Pada Smartphone Tidak Efisien

Selamat malam teman teman Coretan Tangan! Sebelumnya saya mau minta maaf dulu karena sudah lama sekali tidak update. Maklum sibuk!

Kali ini saya mau ngomongin teknologi processor. Pasti temen temen semua udah tau lah ya kalo processor itu ibarat otak manusia yang tertanam pada setiap gadget.

Dan sekarang teknologi processor sudah memasuki era multicore yang diklaim lebih cepat dibanding teknologi singlecore. Jika sebelumnya processor multicore hanya disematkan pada notebook, sekarang smartphone sudah dibekali teknologi multicore.

Ini nih beberapa ponsel multicore:


Memang kebanyakan ponsel multicore masih tergolong kelas hi-end jadi harganya masih relatif mahal, mengingat berbagai fitur yang disematkan didalam ponsel ponsel tersebut.

Namun, tidak ada gading yang tak retak. Tidak ada sesuatu yang sempurna, begitu juga dengan ponsel multicore. Karena nyatanya, ponsel multicore tidak efisien dalam hal daya tahan baterai.

Hal itu ditegaskan oleh CEO Nokia, Stephen Elop. “Yang disebut dual core, quad core pada ponsel hanya membuang-buang baterai”, ungkapnya saat diwawancarai oleh salah satu surat kabar di China, Yangcheng Evening News.

Namanya juga teknologi, pasti ada kelemahannya. Kecepatan yang mumpuni harus dibayar dengan daya tahan baterai yang cepet tekor. Namun, penilaian kembali pada diri masing-masing. Apakah ingin bertahan dengan processor singlecore atau multicore.

Kalau temen temen??