VIEW SNIPPET

Membangun Web Server dengan XAMPP

Selamat malam teman teman Coretan Tangan. Ada yang masih penasaran ingin bikin web sendiri dan gak tau caranya..?? Sebenernya simpel kok. Sebelum memulai coding dengan PHP, HTML, CSS, dan bahasa bahasa lainnya, ada satu hal yang perlu dipersiapkan. Yaitu membangun web server di komputer pribadi kita. Software web server pun sebenernya ada banyak, hanya saja kali ini saya akan bagikan Cara Installasi Web Server dengan XAMPP di Windows. Bagi yang belum punya softwarenya, bisa download XAMPP versi 1.8.3.3 disini. Kalau sudah, tinggal lakukan penginstallan.

Langkah 1

Tentukan drive tempat anda akan menyimpan hasil extract dari XAMPP. Jika sudah klik next.

Langkah 2

Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah, centang saja semua.

Langkah 3

Kemudian akan muncul proses extrack file XAMPP, tunggu sampai proses selesai, kemudian tinggal next/ok, jika semua proses berjalan dengan lancar maka akan muncul XAMPP Control Panel Application, klik start pada bagian kanan Apache dan Mysql sehinggal status menjadi Running.

Finish

Proses installasi XAMPP berakhir. gampang kan? silahkan cek dengan mengetikkan http://localhost pada browser anda. Jika muncul seperti gambar di bawah berarti proses install xampp berhasil dan berjalan dengan baik.